Media Informasi Masyarakat

BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud Gelar ESF Tahun 2022

Denpasar, Baliglobalnews

Pesatnya perkembangan teknologi menjadi peluang sekaligus tantangan dalam upaya merancang suatu pembangunan berkelanjutan. Berkaitan dengan itu, era digitalisasi ekonomi sebagai bagian dari perkembangan tersebut dapat menjadi suatu acuan bagi generasi muda untuk menunjukkan perannya sebagai “iron stock” atau generasi penerus bangsa.

Equilibrium Science Fair (ESF) 2022 merupakan salah satu program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (https://feb.unud.ac.id) yang berfokus pada bidang akademik dan ilmiah dengan tujuan untuk menyediakan wadah bagi generasi muda untuk mengasah kemampuan, pola pikir kreatif, inovatif, kritis, serta jiwa kompetitifnya melalui berbagai kegiatan lomba akademis yang diadakan.

Program kerja ini dilaksanakan secara semi-offline yang bertempat di Aula Gedung Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana dan Cisco Webex Meetings dengan mengusung tema “Increasing the Role of Youth as an ‘Iron Stock’ in the Economic Digitalization Era to Achieve Sustainable Development Goals”.

Equilibrium Science Fair (ESF) 2022 dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang pada kesempatan ini diwakili oleh Koordinator Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali. Equilibirum Science Fair 2022 telah diselenggarakan pada Jumat, 5 Agustus s.d. Senin, 8 Agustus 2022 dengan menghadirkan 3 jenis perlombaan, yaitu sebagai berikut:

Equilibrium Writing Competition (EWC), yaitu perlombaan esai ilmiah tingkat siswa/I SMA/Sederajat se-Indonesia.

Equilibrium Scientific Research Competition (ESRC), yaitu perlombaan karya tulis ilmiah yang mana diikuti oleh mahasiswa/i tingkat D-1 hingga S-1 se-Indonesia.

Equilibrium Poster Competition (EPC), yaitu perlombaan mendesain poster ilmiah untuk umum dengan rentang usia 17 s.d. 25 tahun se-Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh 175 orang peserta yang terbagi kedalam 3 cabang perlombaan, yaitu 26 orang dari cabang perlombaan EWC, 20 tim yang terdiri dari 3 sampai 5 orang per tim dari cabang perlombaan ESRC, serta 29 tim yang terdiri dari 2 sampai 3 orang per tim dari cabang perlombaan EPC.

Sebelum rangkaian perlombaan di atas, Equilibrium Science Fair 2022 juga menghadirkan FEB Open House yang terselenggara pada Jumat, 1 April s.d. Sabtu, 2 April 2022 dan dilanjutkan dengan Tryout SBMPTN pada hari Sabtu, 9 April 2022 bagi siswa/i SMA/K/sederajat yang bertujuan sebagai sarana bagi siswa tersebut dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN untuk masuk menuju perguruan tinggi.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan mampu menjadi sarana pembentukan generasi emas yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di era digitalisasi melalui karya-karya inovatif yang hadir sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ESF 2022. Selain itu, diharapkan pula terbentuk suatu pola pikir kreatif, inovatif, serta kritis dalam memecahkan suatu permasalahan sebagai bentuk persiapan dalam merancang suatu pembangunan berkelanjutan dari segala aspek kehidupan.

Berita ini juga dapat diakses melalui http://www.unud.ac.id. (bgn008)22081612

Comments
Loading...