Media Informasi Masyarakat

Bali Jadi Target Pasar Narkoba, Forum Anti Narkoba Siap Bantu Kepolisian Dan BNN

Denpasar, Baliglobalnews

Penyalahgunaan narkoba, akan menjadi persoalan besar jika tidak ditangani dan dicegah dengan seksama. Terlebih Bali sebagai daerah tujuan pariwisata dunia yang tentunya menjadi sasaran peredaran narkoba. Maka untuk itu diharapkan kehadiran Forum Indonesia Anti Narkoba (FIAN) dapat memperkuat semangat pencegahan penyalahgunaan narkoba di Pulau Dewata.

“Peranan keluarga sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada generasi muda. para orang tua harus lebih melakukan pendekatan yang komunikatif dengan anak-anak, sehingga apa yang mereka kerjakan dapat diketahui orang tua,” kata Ketua Umum FIAN, DR. Dr. Eka Jusup Singka, usai Pelantikan DPW dan DPD FIAN Bali di Kebon Vintage Cars Denpasar.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Bali Kombes Pol. Mochamad Khozin SIK, SH, MH. memberikan apresiasi atas terselenggaranya pelantikan DPW FIAN Bali yang diharapkan dapat memperkuat sinergitas dengan aparat kepolisian dan BNN terkait upaya-upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

“Saya berharap peran orang tua dalam mengawasi pergaulan anaknya agar lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Ka BNN Kota Denpasar, Sang Gede Sukawiyasa yang berharap FIAN Bali bisa memperkuat Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang juga sedang dilakukan oleh organisasi pegiat anti narkoba lainnya sebagai bagian dari peranserta masyarakat.

“Sesungguhnya dapat dikatakan narkoba adalah perang dalam bentuk lain, cara menyerang yang sangat halus dan mampu menjatuhkan begitu banyak korban di seluruh pelosok negeri ini. Untuk itu, jika ini tidak diperangi secara bersama-sama maka generasi kita akan hancur oleh narkoba,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu pula digelar Talkshow tentang ‘Peranan Keluarga Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba’ yang menghadirkan testimoni Yerry Patinasarani yang memaparkan bahwa pentingnya jalinan komunikasi yang intensif antara anak dan orang tua.

“Keluarga merupakan benteng tangguh pencegahan penyalahgunaan narkoba, Untuk itu, kedua bagian ini harus saling menguatkan dalam mencegah penyalahgunaan narkoba, karena tidak bisa dipungkiri narkoba tersebut menyasar anak-anak muda,” tutur Yerry.

Sementara itu, Ketua DPW FIAN Bali, Esther Gehl menyampaikan bahwa edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba (narkotika, psikotropika dan obat obatan terlarang lainnya) penting diketahui sejak dini. Karena pencegahan (prevention) itu perlu dilakukan sehingga keingintahuan seseorang untuk mencobanya akan berkurang. (bgn008)20110804

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

- Advertisement -

Comments
Loading...