Media Informasi Masyarakat

Antisipasi Banjir Jelang Musim Penghujan, Desa Pemecutan Kelod Bersihkan Sungai dan Tebar 5.000 Ekor Bibit Ikan

Denpasar, Baliglobalnews

Desa Pemecutan Kelod bersama Komunitas Pegiat Lingkungan Tukad Umadiwang, LPM, prajuru serta masyarakat setempat membersihkan Sungai Umadiwang, Banjar Abiantimbul, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Barat, pada Jumat (26/1/2024).

Giat tersebut dilaksanakan sebagai upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, khususnya saat memasuki musim penghujan. Dalam kesempatan tersebut juga turut ditebar lima ribu benih ikan nila bantuan dari Dinas Perikanan Kota Denpasar.

Perbekel Desa Pemecutan Klod, I Wayan Tantra, mengatakan kegiatan bersih-bersih ini merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh seluruh elemen di Desa Pemecutan Kelod. Dimana, ini merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya banjir, khususnya saat memasuki musim penghujan seperti saat ini.

“Kali ini pembersihan kita fokuskan di sepanjang Sungai Umadiwang yang berada di wilayah Pemecutan Kelod. Hal ini lantaran memasuki musim penghujan, agar tidak terjadi sumbatan sampah yang akan menyebabkan banjur,” ujarnya.

Tantra turut mengimbau masyarakat khususnya yang ada di Desa Pemecutan Kelod untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan memilah serta membuang sampah pada tempatnya sesuai Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019.

“Pembersihan seperti ini merupakan cara terakhir untuk mencegah terjadinya banjir, faktor yang terpenting adalah bagaimana masyarakat patuh untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Karenanya kita tidak henti-hentinya untuk mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah berbasis sumber serta membuang sampah pada tempatnya,” katanya. (bgn003)24012608

Comments
Loading...