Media Informasi Masyarakat

5,6 Persen Penduduk Bali Menganggur Akibat Covid-19

Gianyar, Baliglobalnews

Pengangguran di Bali yang diakibatkan oleh mewabahnya pandemi Covid-19 mencapai 5,6% dari jumlah penduduk 4,2 juta jiwa. Persentase peningkatan terjadi sekitar 4,4% dari sebelumnya 1,2% pengangguran di Bali.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, saat simakrama bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Bali di The Royal Pitamaha Ubud, Gianyar, Sabtu (5/12). Dengan mengangkat tema ”Outlook Ekonomi Bali 2021” kegiatan itu sebagai bentuk rancangan pemulihan perekonomian Bali pasca pandemi nanti.

Gubernur mengingatkan dunia saat ini sedang menghadapi masa yang sangat sulit. Pandemi Covid-19 menyebar sangat cepat di hampir seluruh negara di dunia. Indonesia, terutama Bali, juga tak luput dari penyebaran virus ini. Bali terus berupaya untuk menanggulangi pandemi ini dengan dukungan berbagai pihak, Pemerintah, industri pariwisata, termasuk masyarakat.

Bali, kata dia, sangat bertumpu pada sektor pariwisata. Sebelum Covid-19, sektor pariwisata menyumbang sampai 53% terhadap perekonomian Bali. ”Pengaruh pandemi saat ini di pulau dewata jauh lebih signifikan dibandingkan bom Bali dan meletusnya Gunung Agung,” katanya.

Menurut Cok Ace, untuk memulihkan pariwisata Bali Pemerintah Provinsi Bali bekerjasama dengan stakeholder terkait melakukan beberapa hal antaranya penanganan Covid-19 dengan semakin baik, mengingat sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obat bagi wisatawan Nusantara.

Melaksanakan program We Love Bali dengan menggerakkan wisatawan lokal. Mempersiapkan pariwisata Bali untuk menerima kunjungan wisatawan, dengan melaksanakan verifikasi fasilitas dan daya tarik wisata.

Ketua BMPD Provinsi Bali yang juga Kepala KPwBI Provinsi Bali, Trisno Nugroho, secara tegas mengatakan akan turut serta membantu pemerintah dalam hal pemulihan perekonomian. Salah satunya dengan mempromosikan kesiapan Bali dalam menyambut kedatangan wisatawan nusantara sehingga perputaran ekonomi khususnya perputaran uang di Bali akan kembali normal. (bgn003)20120524

Comments
Loading...