Media Informasi Masyarakat

Tunjukan Bukti Nyata, Kembali Bupati dan Wabup Bangli Serahkan Banten Upasaksi Pengabenan Masal

Bangli, Baliglobalnews

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wabup Wayan Diar kembali hadir dan menyerahkan bantuan banten upasaksi pengabenan masal di beberapa lokasi desa adat di Kabupaten Bangli pada Senin (8/8).

Bupati Sedana Arta dalam kesempatan tersebut menyampaikan semua yang dilakukan bersama jajarannya ini merupakan wujud keperdulian terhadap masyarakat sesuai program Pemerintah Kabupaten Bangli guna meringankan beban masyarakat terkait upacara pengabenan, berupa Bantuan Banten Upasaksi Pengabenan sebesar 1 juta rupiah kepada masing-masing sawa dalam pelaksanaan upacara ngaben masal.

Dengan program ngaben masal ini, Bupati mengharapkan dapat memberi dampak positif ditengah perkembangan teknologi yang kian melaju pesat, sehingga akan terjalin  hubungan kekerabatan yang lebih erat, kegotongroyongan semakin kuat dan  kekerabatan semakin kental” ujarnya.

“Apa yang diberikan dari pemerintah memang tidak sebanding dengan pengorbanan masyarakat dalam beryadnya, akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat meringankan sedikit beban masyarakat  dan dipergunakan seoptimal mungkin untuk kelancaran upacara, semoga yang diupacarai hari ini mendapatkan tempat yang layak sesuai karmanya masing-masing,” katanya.

Desa adat kali ini yang menerima bantuan banten upasaksi pengabenan berdasarkan jumlah sawa dengan perhitungan masing masing sawa satu juta rupiah, yakni Desa Adat Bunutin Kintamani Rp 39 juta , Desa Langgahan Kintamani Rp 20 juta, Desa Adat Manikliyu Rp 66 juta, dan Desa Adat Sekardadi Rp 26 juta.

Beberapa perwakilan dari masyarakat yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli. Mereka menilai kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar telah melaksanakan beberapa terobosan program yang memang benar-benar berpihak kepada kepentingan masyarakat umum. Salah satunya dalam bentuk bantuan upacara ngaben masal.

Mereka mengharapkan program ini bisa berkelanjutan sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang melaksanakan upacara adat dan keagamaan serta dalam rangka mempertahankan adat, kebudayaan dan kearifan lokal sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru.

Turut hadir saat itu Nyonya Sedana Arta, Ny. Diar, Sekda Ida Bagus Gde Giri Putra, Anggota DPRD Bangli, pimpinan OPD dan Camat se-Bangli

kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Bangli dalam upacara ngaben masal tersebut disambut antusias oleh tokoh dan masyarakat setempat. (bgn003)22080811

Comments
Loading...