Wagub Terima Penghargaan dari MPB

Denpasar, Baliglobalnews

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati bersyukur dan mengapresiasi penghargaan yang diterimanya, sekaligus menjadi pemicu untuk lebih bersemangat dalam meneruskan semangat kebangsaan. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur saat menerima audiensi Pengelola Monumen Perjuangan Bangsal di Ruang Tamu Wakil Gubernur Bali Selasa (1/9).

Wagub Cok Ace menilai tantangan keluarga besar Monumen Perjuangan Bangsal (MPB) pada masa depan adalah untuk melanjutkan sejarah kabajikan para leluhurnya untuk kemanusiaan, bangsa, dan negara, tantangan bagaimana harus mengimplemantasikan Pancasila, dalam tatanan pembangunan nasional. Di samping itu, juga tantangan abadi, tentang bagaimana menjaga dan melestarikan pusaka nasional Indonesia, yang kini disebut sebagai empat pilar kebangsaan.

Menurut Cok Ace, MPB ke depan harus mampu membangun kesadaran dan juga kebangsaan bagi generasi baru Indonesia terhadap bangsanya. MPB harus mampu mengambil peran, untuk menjadi suatu komunitas, yang selalu setia untuk memelihara dan menggelorakan  semangat kebangsaan, agar bisa selalu “memberi” kepada bangsanya. ”Bentuknya bisa berubah, tetapi nilainya harus tetap abadi, yakni nilai memberi untuk masa depan Indonesia. Tentu saja nilai memberi itu adalah nilai yang bermuara pada cita-cita leluhur bangsa, yakni masyarakat yang adil dan makmur, sesuai janji-janji para pejuang Indonesia. Kita tidak boleh mengecewakan para leluhur, yakni pejuang kemerdekaan kita,” katanya.

Sementara Ketua Umum MPB, Bagus Ngurah Putu Arthana, didampingi Ketua Pelaksana MPB, Bagus Ngurah Rai, menyampaikan telah melaksanakan  peringatan hari ulang tahun ke-75 Monumen Perjuangan Bangsal pada Minggu (16/8), sekaligus mempersembahkan penghargaan, lencana kehormatan kepada Wakil Gubernur Bali, karena merupakan salah satu tokoh masyarakat yang memiliki keteladanan sebagai anak pejuang dan peduli terhadap nilai-nilai perjuangan.

Dia menyebutkan dalam memperingati MPB, pengelola MPB juga telah  memberikan penghargaan kepada tokoh yang berperan penting dalam mengisi kemerdekaan pada nilai semangat kebangsaan yaitu I Made Gde Putra Wijaya. Penghargaan juga diberikan kepada pejuang, janda pejuang dan generasi pejuang yang dianggap konsisten dalam mengisi nilai-nilai perjuangan. Di samping merupakan tokoh pendidikan dan aktif di berbagai organisasi yang bergerak dalam bidang kemasyarakatan pemuda yang bersifat kekeluargaan dan merupakan wadah berhimpun bagi putra-putri veteran Republik Indonesia beserta keturunan yang memiliki hubungan kesejarahan. (bgn/hms)20090122

#cokace#monumenperjuanganbangsal#penghargaan#wagubbali
Comments (0)
Add Comment